Jalan-Jalan Sehari di Madura: Bisa Kemana Aja?

bukit jaddih madura

Jalan-jalan dadakan. Tiba-tiba diajak kakak saya jalan-jalan ke Madura. Why not?

Perjalanan Surabaya ke Madura tidak terlalu memakan waktu lama, apalagi semenjak ada jembatan Suramadu jalan ke Madura serasa lebih mudah.

Need a plan for short trip?  Coba jalan-jalan ke Madura. Tempat-tempat yang saya kunjungi berikut mungkin bisa dijadikan sebagai referensi jalan-jalan sehari. GO!!!ヾ(-ω-`o)=ε3=ε3=ε3=ε3

Bukit Jaddih Bangkalan

Setelah banyak bermunculan foto-foto ketjeh dengan pemandangan bukit kapur putih banyak orang penasaran pengen kesini. Sebenernya ada banyak spot di bukit Jaddih, gak hanya pemandangan bukit kapur putih.

bukit jaddih madura

Sebenernya gak perlu bayar tiket masuk ke tempat ini, cuma perlu bayar parkir. Tapi untuk satu mobil kalau gak salah waktu itu ditarik sekitar 20rb. ( ̄ .  ̄)たけー

bukit jaddih madura

Cuaca di Madura cenderung panas (banget), jadi jangan lupa pake topi + sunglasses. Jujur saja saya kalau kena sinar matahari yang menyengat suka pusing, jadi pake topi sama kacamita hitam sangat membantu (bukan buat gaya2an, hehe). 

bukit jaddih madura

Kalau sekarang bisa foto di tengah-tengah air biru yang jernih ini, tapi waktu saya kesana masih belum bisa karena mungkin emang masih baru mau dibangun kali ya. Jadi, kondisi sekarang ada semacam jalan setapak di tengah-tengah.

Nasi Campur Nya Lete

Untuk makan siang saya mencoba Nasi Campur Nya Lete yang katanya cukup terkenal di Madura.

nasi campur nya lete

Isi dari nasi campur ini ada empal, bihun, dendeng, kemudian disiram dengan kuah semacam opor. Dari luar tempat ini terlihat kecil, tapi begitu masuk ke dalam ternyata cukup lebar dan banyak tersedia tempat duduk untuk makan di tempat.

Bukit Pelalangan Arosbaya


Ada satu lagi bukit kapur di Madura yang bisa coba kamu kunjungi selain bukit Jaddih, yaitu bukit Pelalangan di daerah Arosbaya. Kalau di bukit Jaddih bernuansa putih, di bukit Pelalangan ini bernuansa cokelat. Entah kenapa pertama kali saya masuk kesini saya jadi teringat game zuma. ( ̄w ̄)

bukit pelalangan arosbaya


Mercusuar Sembilangan

Destinasi terkahir sebagai penutup trip kali ini adalah Mercusuar Sembilangan yang juga masih di daerah Bangkalan.

mercusuar sembilangan

Mercusuar yang katanya merupakan peninggalan Belanda ini ada 17 lantai, tapi kita hanya bisa naik sampai lantai 16. Gak ada lift disni, hanya ada tangga untuk bisa naik sampai atas. Saran saya kalau udah sampai sini mendingan naik sampai atas, meskipun di beberapa lantai tangganya agak ekstrim. p(´∇`)q ファイトォ~♪

mercusuar sembilangan

Kira-kira pemandangan seperti inilah yang bisa kamu lihat dari atas mercusuar. Kebetulan saya kesana pas sore menjelang sunset, jadi menurut saya pas.

Bebek Songkem

Sebelum balik ke Surabaya kita memutuskan untuk makan bebek dulu. Kayaknya kurang afdol kalau ke Madura tapi belum makan bebek ya (padahal di Surabaya juga udah banyak bebek). Awalnya kita mau makan Bebek Sinjay, tapi karena udah abis kita pindah tempat ke sebelahnya.

bebek songkem madura

Menurut saya bebek di tempat ini enak. Sepertinya bebek udah dibumbuin terlebih dahulu dengan cabe, kemudian di goreng. Oh iya dan yang paling penting bebeknya disini empuk!

mercusuar sembilangan


-- End of journey --

Begini kira-kira rute jalan-jalan sehari saya di Madura, Cheers!