Business Trip to Japan: Welcome to Train Life


Someone asked me..

"Kamu gak pengen kerja di Jepang?"

Then me..

"Engga ah, kalo ke Jepang tuh enaknya jalan-jalan daripada kerja. Tapi gak bakal liburan kesana juga dalam waktu dekat, mahaaal.. " 😛

Entah ini karena kemakan omongan sendiri apa gimana, ternyata akhirnya saya ditugaskan berangkat kesana untuk kerja. Berangkat bareng 1 temen kantor,  cuman seminggu sih, tapi lumayan dapat libur 2 hari pas weekend dan bisa merasakan gimana susana ngantor di Jepang, khususnya di Tokyo.

Selama di Jepang saya ngantor di Shiodome Media Tower, deket dari stasiun Shiodome kalau jalan kaki gak sampe 5 menit. Tapi, tempat saya nginap selama di sana agak jauh dari kantor, kira-kira jaraknya sekitar 3 stasiun, yaitu di kawasan Tsukishima.



Dari penginapan jalan ke stasiun Tsukishima sekitar 10 menit, terus naik Oedo Line sampai Shiodome kira-kira 7 menit (lebih lama jalan kakinya ya daripada naik keretanya...). 

Di Jepang saya menjadi (mau gak mau) sering jalan kaki, karena bepergian dengan menggunakan kereta memang mengharuskan kita untuk banyak jalan. Dari penginapan ke stasiun, dari stasiun ke kantor, kali dua karena pulang pergi ya begitu rutenya.

Welcome to train life!

Shiodome Station
Bagian yang cukup bikin pusing itu ngeliat rute map kereta di Jepang, karena disana ada banyak jalur dan perusahaan kereta. Masih lebih mudah naik MRT di Singapore daripada di Jepang. Tapi, zaman sekarang semua serba canggih, tinggal cari di Google sebenarnya juga bisa. Tinggal search destinasi dan get direction bisa langsung muncul jalur yang direkomendasikan.

Selain search lewat Google sebenernya ada juga app yang menurut saya cukup membantu, namanya Norikae Annai. Pertama kali download versi bahasa Jepang, tapi ternyata sekarang juga tersedia yang versi bahasa Inggris, namanya Japan Transit Planner.


Norikae Annai App, Japanese Version & English Version

Kejadian yang paling saya inget adalah perjalanan pertama kali dari kantor ke penginapan. Karena pertama kali tiba di Tokyo kita langsung menuju kantor, jadi pas pulang masih harus bawa-bawa koper. Waktu itu kita ditemani oleh Bapak Manajer dari divisi Engineering sebagai penunjuk jalan karena kita baru pertama kali kesana. Selama bawa-bawa koper kita selalu diarahin untuk naik lift waktu di stasiun. Masalah mucul ketika sudah sampai di Tsukishima dan mau keluar stasiun. Tampaknya si Bapak ini juga lupa-lupa inget sama arah pintu keluar (pintu keluar stasiun di Jepang banyak soalnya). Setelah dia ngeliat map, akhirnya dia bilang,

"Oh, lewat sini.."

Okay, kita ngikutin si Bapak, sampai pada akhirnya yang kita lihat hanya tangga menuju pintu keluar. Karena yang kita naikin adalah subway, otomatis pintu keluarnya pasti harus naik ke atas, tiba-tiba si Bapak bilang,

"Kayaknya gak ada lift deh disini, terpaksa harus lewat tangga.."

😱😱😱

mau gak mau harus naik tangga sambil bawa-bawa koper, dan itu anak tangganya gak sedikit 😭
Awalnya si Bapak nawarin mau bawain, tapi dengan cepat saya tolak karena sungkan. Gak mungkin juga saya tega nyuruh Bapak Manajer buat bawain koper saya. 😂

Begitu nyampe atas kerasa banget capeknya, ngos-ngosan 💦

つづく