Business Trip to Japan: Suasana Kantor di Jepang Itu...



Awalnya saya ngerasa agak kinchou (cemas; gugup) sebelum berangkat kesana, karena banyak yang bilang kalau suasana kantor di Jepang itu sangat kibishii (ketat). Apalagi saya termasuk orang yang agak susah untuk beradaptasi dengan suasana baru (termasuk ketemu orang-orang baru secara langsung). Tapi ternyata orang-orang disana sangat baik dan banyak membantu, jadi rasa cemas saya hilang. Tapi (lagi), yang namanya juga beda negara pastinya ada yang beda dari mulai budaya dan kebiasaan. Ada beberapa hal yang paling saya ingat selama ngantor disana.

1. Jarang Ngobrol Saat Kerja
Selama saya ngantor di sana rasanya jarang ada yang ngobrol gak penting di sela-sela kerja. Kalau ngantor di Indonesia biasanya di sela-sela kerja suka ada yang nyeplos misalnya,

"Eh, ada menu baru di resto xx loh, udah coba belom?"

atau

"Eh ini lagi ada promo loh, gak beli kah?"

dan obrolan lainnya yang gak ada hubungannya sama kerjaan tapi sering terdengar. Pas lagi ngantor di Jepang, saya jarang banget denger obrolan kayak gini pas jam kerja.

Meskipun orang Jepang jarang ngobrol bukan berarti sepi, malah cenderung ramai karena banyak yang suka diskusi langsung pas kerja. Ya, mungkin ada juga obrolan yang gak ada hubungannya sama kerjaan tapi saya yang gak denger, namanya juga beda bahasa mungkin ada kalanya saya yang gak nangkep ( ̄∀ ̄)

2. Gak Ada yang Nyemil Sambil Kerja
Kalau di Indonesia mungkin bukan suatu hal yang aneh ya kalau misalnya di sela-sela kerja kita nyemil sesuatu buat mengganjal perut. Tapi selama saya ngantor di Jepang saya jarang banget ngeliat orang-orang yang nyemil pas jam kerja di meja masing-masing.

Kalau di sini pas lagi laper bisa turun jajan ke Indomaret abis itu nyamil sambil kerja. Di sana, sebelah kanan-kiri orang-orang pada fokus liat ke layar semua, saya jadi sungkan kalau mau kunyah-kunyah sendiri. Jadi, saya harus sabar dan mengurungkan niat untuk nyemil pas kerja (´;ω;`)

3. Menyapa Setiap Kali Ketemu
Aisatsu (salam) memang menjadi salah satu hal yang penting di tempat kerja. Saat pagi ketika pertama kali bertemu dan saat sebelum pulang pasti mereka mengucapkan salam ke rekan-rekan kerja. Yang saya kaget ternyata di setiap kali waktu bertemu mereka juga gak lupa kasih salam. Iya setiap kali ketemu, jadi kalau ketemu 5 kali di kantor, ya salamnya 5 kali. Waktu gak sengaja ketemu papasan di lorong mereka menyapa, pas gak sengaja ketemu pas lagi ambil minum (dengan orang yang sama) disapa lagi. Saya sampe bingung, bukannya tadi udah ya?

Ungkapan sapaan yang mereka pakai adalah 'Otsukaresamadesu'. Menurut saya kata ini sangat praktis karena bisa dipakai di banyak kondisi. Kata ini biasanya diartikan menjadi 'Terima kasih atas kerjasamanya/kerja kerasnya.' Tapi kalau mau dicari padanan kata di dalam bahasa Indonesia kayaknya gak ada ya. Yang saya tahu 'otsukaresamadesu' ini bisa digunakan ketika baru pertama kali bertemu/bertegur sapa di hari itu (bukan baru pertama kali kenal) atau pas pulang setelah kerja. Tapi ternyata pas lagi gak sengaja ketemu lalu bertatap mata mereka juga pakai kata sapaan ini. Segitu pentingnya kasih salam bagi mereka. ('▽') 

Kesimpulannya...
Perbedaan budaya dan culture shock itu pasti ada, tapi menurut saya bukan suatu hal yang harus diperdebatkan, mana yang benar mana yang salah.
When in Rome, do as the Romans do.
Prinsip saya sama seperti peribahasa ini (tsaaah..). Ada kalanya memang kita yang harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang sedang kita kunjungi.

After all, I met a great teammates though.
みんな、ありがとう!