ArtScience Museum - Marina Bay Sands


art science museum singapore

Pertama kali ke Singapore jadi masih semangat cari-cari tempat asik buat didatengin dan destinasi pertama adalah ArtScience Museum. Sempat cari info harga tiket sebelum berangkat kesana dan dari beberapa referensi banyak yang bilang bisa dapet buy one get one free kalau punya member Marina Bay Sands.

Tempat untuk pembuatan member ada di dalam Marina Bay Sands Mall, ada semacam booth khusus yang menurut saya cukup mencolok jadi gampang ditemuin. Kalau gak nemu langsung tanya aja di bagian informasi, karena bakal dikasi map sama dikasih arahan gimana cara kesananya (waktu itu saya gitu soalnya, hehe). Pembuatan member sendiri gak terlalu susah, cukup nunjukkin paspor dan isi data diri di form mereka, dan member card bisa langsung jadi saat itu juga. Jangan lupa verifikasi email untuk aktifin member.

Balik ke ArtScience Museum, harga tiket masuk untuk satu orang sekitar S$17. Dengan nunjukkin member card Marina Bay Sands saya cuman bayar S$17 untuk 2 orang. ワァ──o(。´・∀・`。)o──ィ♪
Oh iya, waktu transaksi pakai member card nanti kita akan diminta pin. Kemarin saya sempat bingung karena gak merasa bikin pin, tapi akhirnya petugas museum itu paham kayaknya kalau saya gak ngerti, haha. Akhirnya dia bilang biasanya secara default pin pakai tanggal lahir dan ternyata bisa.

Ada apa aja di dalam ArtScience Museum?

Sebenernya ada beberapa exhibition di dalam museum ini, ada yang permanen ada juga yang bersifat temporary (setiap periode ganti). Saya sendiri lebih tertarik ke Future World: When Art Meets Science yang merupakan permanent exhibition di sini (kalau mau masuk ke semua exhibition harga tiketnya berbeda).

Di dalam Future World sendiri dibagi lagi menjadi beberapa section.

Nature

Black Waves
Melihat proyeksi deburan ombak-ombak ditambah dengan alunan instrumen yang menenangkan (tsaaah). Salah satu tempat yang banyak diminati untuk photo session, haha.

art science museum singapore

Menurut saya tempat ini cocok dibuat untuk bersantai karena disediain bantalan untuk duduk-duduk ataupun tiduran.


Town

Sketch Town
Section yang banyak diminati anak-anak karena disana mereka bisa gambar objek sesuka hati, kemudian diproyeksikan dengan menggunakan scanner menjadi gambar 3D.

art science museum singapore

Media Block Chair
Block-block ini bisa berubah warna kalau saling ditempelkan satu sama lain.
But, I love this section just because it's full of colors.

art science museum singapore

Park

Cuman sempet foto bagian atas padahal sebenernya di bawahnya ada section yang disebut Light Ball Orchestra. Satu area yang dipenuhi dengan bola-bola warna warni yang kalau dipegang bisa berubah warna dan suaranya. Dan lagi-lagi tempat ini banyak dipenuhi anak-anak. (。・ε・。)ムー

art science museum singapore

Space

Crystal Universe
Tempat kedua yang juga banyak diminati untuk tempat photo session. Untuk ambil foto disini susah-susah gampang. Untuk masuk ke instalasi ini biasanya cuman dibolehin jalan satu-satu, karena area untuk jalan cukup sempit takut merusak lampu-lampu disekitar. Butuh timing yang pas juga untuk ambil foto, karena bisa aja di depan masih ada orang yang lewat-lewat. Dan lagi, lampu-lampu ini warnaya berubah-ubah, jadi harus ngepasin pas lampunya bagus (kebetulan ini pas lagi abis meredup).

art science museum singapore

-- End of journey --

In conclusion, it was worth visiting ArtScience Museum! v( ̄ー ̄)v